Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, Badko HMI Sumut Salurkan 2 Ton Sembako dan Ribuan Masker

oleh -34 views

MEDAN (suaramahardika.co.id)- Pandemi Covid-19 memberi dampak yang luar biasa kepada masyarakat. Terlebih kepada masyarakat yang kurang mampu atau kelas menengah ke bawah.

Hal tersebut menjadi dasar bagi Badko HMI Sumut untuk melaksanakan program bantuan sosial. Dalam bantuan tersebut, dibagikan 2 ton sembako dan 1000 masker kepada masyarakat luas pada Jumat (17/4/2020).

“Sebagai tulang punggung umat, Badko HMI Sumut menyadari bahwa masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah sangat membutuhkan bantuan dalam menghadapi wabah Covid-19 ini,” kata Ketua Badko HMI Sumut, M. Alwi Hasbi Silalahi di sela-sela pelaksanaan program bantuan sosial di Sekretariat Badko HMI Sumut, Jalan Adinegoro No. 15 Medan.

Hasbi menjelaskan, adapun bantuan yang diberikan terdiri dari 1,5 ton beras, 500 kg minyak, dan 1000 masker.

“Kami sangat berharap bantuan yang diterima masyarakat ini dapat membantu meringankan beban,” jelasnya.

Dalam beberapa waktu ke depan, ungkapnya, Badko HMI Sumut akan kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Ini memang baru tahap pertama. Kami sudah mempersiapkan bantuan tahap kedua dan beberapa waktu ke depan akan segera dibagikan,” ungkap Hasbi.

Selain itu, Hasbi menegaskan bahwa bantuan-bantuan sosial harus disalurkan secara massif.  Khususnya oleh pihak-pihak yang tanggungjawabnya berada pada koridor tersebut.

“Masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari banyak lini. Kepada pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap kemaslahatan masyarakat, kami harap dapat menjalankan program yang lebih besar dan nyata agar asa masyarakat terus terjaga,” tandasnya.

Dalam rangka memperingati hari lahir yang ke-60 tahun, Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumut menggelar aksi sosial pada beberapa titik di Kota Medan, Jumat (17/4/2020).

Dalam aksi sosial itu, PKC PMII Sumut membagikan 100 karung beras. Seluruh beras tersebut kemudian dibagikan kepada warga di Jalan Puri dan penarik becak dayung yang sehari-harinya mangkal di Pasar Halat.

“Hari ini dalam menyemarakkan hari lahir PMII yang ke-60 tahun, kami dari PKC PMII Sumut, melaksanakan aksi sosial dengan berbagi sembako kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19,” kata Ketua PKC PMII Sumut, Azlansyah Hasibuan.

Dalam momentum hari lahir PMII yang bertepatan dengan mewabahnya covid-19 di Indonesia, Azlansyah mengatakan jika pihaknya akan membuka posko sembako.

“Dengan momentum ini, kita juga akan membuat posko sembako di sekretariat kita. Dengan harapan untuk membantu masyarakat yang ada di Sumut, dan akan kita salurkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dengan bantuan ini, Azlansyah berharap agar sekiranya dapat meringankan beban masyarakat, khususnya yang terdampak covid-19.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini, bisa membantu masyarakat yang ekonominya terdampak. Ini jadi doa kita bersama, terima kasih kepada seluruh pihak, saya ucapkan selamat hari lahir PMII yang ke-60,” tukasnya.

Sementara, Deswina, seorang warga bersyukur dan mengucapkan terima kasihnya terhadap aksi tersebut. Selama covid-19 mewabah, ia mengaku kondisi ekonominya sangat buruk.

“Terima kasih, semoga ini jadi berkah. Saat ini ekonomi kami lagi sulit, saya ucapkan terima kasih,” ucapnya.sm-04