Bawaslu Sumut Ajak Pemuda Awasi Pemilu 2024

oleh -44 views

suaramahardika.co.id| BRASTAGI- Badan Pegawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara mengajak pemuda ikut mengawasi tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Pengawasan dapat dilakukan oleh organiasi masyarakat sebagai pemantau dan secara individu dalam konsep pengawasan partisipatif.

Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang mengatakan, banyak ruang bagi pemuda untuk menjadikan demokrasi yang berkualitas dan berintegritas. Tidak hanya terjun dalam politik praktis dan sebagai penyelenggara Pemilu. Akan tetapi, dapat mengawasi pelaksanaan Pemilu sebagai wujud pelaksanaan demokrasi dalam konsep pengawasan partisipatif.

“Secara lembaga yang berbadan hukum dapat menjadi pemantau Pemilu. Sedangkan secara individu, dapat mengawasi dalam konsep pengawasan partisipatif,” kata Suhadi Sukendar Situmorang dalam acara Seminar Pemuda Katolik dengan Tema “Peran Umat Katolik Menyongsong Tahun Politik yang Merajut Keanekaan Indonesia Menuju Moderasi yang Utuh” di Hotel Grand Orri Berastagi, Jumat (24/06/2022)

Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tetang Pemilu mengamanahkan kepada Bawaslu untuk mengakreditasi Pemantau Pemilu. Bawaslu RI telah meluncurkan layanan pendaftaran pemantau Pemilu sejak 10 Juni 2022 dan akan ditutup 7 hari sebelum hari pemungutan suara 14 Februari 2024.