Dosen FH UHN Raih Doktor Ilmu Hukum Cum Laude Di Unpad

oleh -49 views
Sidang Promosi Doktor Janpatar Simamora

Foto Sidang Promosi Doktor Janpatar Simamora-1Sidang Promosi Doktor Janpatar Simamora

MEDAN (suaramahardika) :Salah satu dosen tetap Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen (FH UHN) Janpatar Simamora secara resmi menyandang gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum, setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Makna Lembaga Negara dalam UUD 1945 dan Kaitannya dengan Legal Standing dalam Sengketa Kewenangan antar Lembaga Negara” di Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung, Senin (13/6/2015).

Koordinator Humas UHN Jonson Rajagukguk menyebutkan, salah satu penguji/oponen ahli yaitu Prof. Dr. Bagir Manan SH MH. Selain itu, hadir juga penguji yang lain seperti, Dr. Kuntana Magnar, Dr. Indra Perwira dan Prof. Dr. Rukmana Amanwinata serta Representase Guru Besar Unpad. Prof. Dr. Ida Nurlinda selaku Koordinator Program Doktor Ilmu Hukum Unpad.

“Berdasarkan hasil penilaian tim promotor, tim penguji/oponen ahli dan representasi guru besar, Janpatar Simamora dinyatakan lulus dengan Yudisiam Cum Laude dalam Sidang Terbuka atau Promosi Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjadjaran, Bandung,”sebutnya.

Janpatar Simamora sendiri menuturkan, disertasi tersebut bertujuan dalam rangka menegaskan urgensi makna lembaga negara dalam UUD 1945 guna memberikan gambaran terkait batasan lembaga-lembaga negara yang memenuhi syarat legal standing dalam sengketa kewenangan antar lembaga negara di Mahkamah Konstitusi. Janpatar menekankan lembaga Negara merupakan lokomotif dalam pembangunan apapun di negara ini karena itu perlu kewenangan yang jelas agar bias fokus dalam tugas dan fungsinya.

“Saya bersyukur, saat itu dapat menjawab seluruh pertanyaan dari para penguji yang menurut saya sudah sangat ahlinya dibidang hukum. Saya juga tidak menyangka, kalau saya bakal mendapat nilai cum laude. Saya berharap, ini bisa menjadi motivasi untuk dosen dan mahasiswa di UHN,”ucapnya.

Rektor UHN, Ir Sabam Malau mengaku, prestasi yang diraih oleh dosen UHN ini menjadi kebanggaan UHN tersendiri. Dengan prestasi tersebut, sudah tentu kualitas pendidikan di UHN diharapkan dapat meningkat. “Meskipun kita universitas swasta, tapi kita memiliki dosen-deosen yang berkualitas, salah satunya adalah Janpatar Simamora yang baru meraih gelar doctor di Unpad. Bahkan mendapat nilai cum laude. Karena, kita sendiri mendukung dosen-dosen berprestasi,”ujarnya. (BM3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *