Gubsu Buka STQH XVII Provinsi Sumut 2021

oleh -136 views
Gubsu Edy Rahmayadi membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Provinsi Sumut tahun 2021, yang ditandai dengan Pemukulan Gong, di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (28/5/2021). (Foto/ist

suaramahardika.co.id|MEDAN – Gelaran Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 2021 dimulai dengan pembukaan oleh Gubernur Edy Rahmayadi, yang ditandai dengan pengukuhan Dewan Hakim serta Pemukulan Gong, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (28/5/2021). Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, diharapkan hasilnya sesuai dengan penilaian objektif berdasarkan kualitas.

Hadir pada acara Pembukaan STQH XVII Sumut 2021, Ketua Umum LPTQ Pusat Said Agil Husin Al Munawar, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) R Sabrina, Kepala Kanwil Kemenag Sumut Syahrul Wirda, Walikota Medan Bobby Nasution, Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution, Ketua Harian LPTQ Sumut Ikhwan Lubis, serta Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Ketua Panitia Pelaksana Palit Muda Harahap bersama jajaran.

Dalam amanahnya kepada Dewan Hakim yang baru saja dikukuhkan, Gubernur menyampaikan bahwa dari seleksi ini dapat lahir banyak qori/qoriah yang bisa mencontoh para guru dan pendahulu, seperti Ketua Umum LPTQ Pusat Said Agil Husin Al Munawar. Mengingat kegiatan seperti ini sudah memasuki tahun ke-17 sejak pertama kali digelar.

“Kita tahu persis banyak guru-guru yang sudah membawa nama besar Sumut untuk pembacaan kitab suci Alquran. Sampai sekarang kita, anak cucu yang meneruskan apa yang sudah dibuat generasi terdahulu,” ujar Edy Rahmayadi.

Adapun soal kesempatan mengikuti STQH kali ini, kata Edy, banyak cara dan metode dilakukan guna menemukan bakat dan potensi generasi muda yang belum terpantau karena lokasi tempat tinggalnya jauh dari ibukota. Sehingga perlu ada upaya menjemput bola bahkan mencari bibit qori/qoriah yang memiliki talenta dan harus ditinjau hingga ke desa-desa.