Gubsu Kunjungi Daerah Banjir Rob Belawan

oleh -55 views
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho meninjau perkampungan warga di Lorong Ujung Tanjung 2 Bagan Deli Belawan yang kerap terkena banjir rob, Selasa (20/10/2020). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut)

suaramahardika.co.id| Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Pelindo I Belawan untuk bersinergi dengan menyatukan masterplan guna menata dan mengembalikan kelestarian daerah pinggiran pantai di Belawan yang kerap terkena banjir rob.

Hal ini disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi, saat meninjau perkampungan warga di Lorong Ujung Tanjung 2 Bagan Deli Belawan, Selasa (20/10/2020), yang kerap terkena banjir rob. Gubernur melihat kawasan ini perlu segera ditata agar tidak terlihat kumuh dan kebersihan warga dapat terjaga.

“Ini harus terkoneksi dengan Pemko dan Pemprov Sumut. Kita harus duduk bersama dan apa yang harus kita perbuat dalam mengatasi hal ini, harus ada jawaban yang benar. Pelindo dan Pemko serta lainnya harus berbuat apa? BPN juga akan saya undang dalam menangani banjir rob yang kerap terjadi di sini,” ucapnya.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan Edison Kurniawan, GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid, Camat Medan Belawan Ahmad, Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Riadil Akhir Lubis, dan Forum Anak Belawan Bersatu (FABB).

Di Lorong Ujung Tanjung 2 Bagan Deli Belawan, Edy Rahmayadi juga melihat banyaknya pemukiman yang telah berdiri. Padahal dahulunya kawasan tersebut masih berupa hutan bakau. Karena itu, Pemko Medan terutama pada Camat Medan Belawan, diminta untuk dapat melakukan penataan, agar warga tidak lagi mendirikan bangunan di kawasan hutan bakau di pinggir pantai.