Jalankan Instruksi Bobby Nasution, Becak Sampah Langsung Terlihat Hilir Mudik Setiap Hari

oleh -36 views

suaramahardika.co.id|MEDAN- Instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution yang meminta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan dan Bagian Tata Pemerintahan untuk menginstruksikan seluruh aparatur wilayah agar mengoptimalkan penggunaan becak pengangkut sampah langsung ditindaklanjuti. Setelah sempat didapati orang nomor satu di Pemko Medan ini dibiarkan teronggok dan tak dipergunakan sampai diselimuti debu, kini becak pengangkut sampah pun hilir mudik setiap hari untuk mengangkat sampah, terutama di kawasan yang tidak dapat dimasuki mobil pengangkut sampah.

Oleh karenanya warga pun sangat merespon positif instruksi Wali Kota tersebut. Seperti yang diungkapkan Wahyu, salah seorang warga Kelurahan Sei Kera Hilir I, Kecamatan Medan Perjuangan. Ia melihat becak pengangkut sampah di wilayah tempat tinggalnya kini rutin mengangkut sampah setiap harinya.

“Jadi becak pengangkut sampah yang ada jangan hanya dibiarkan begitu saja di kantor lurah, tidak dipergunakan. Masyarakat ingin becak pengangkut sampah ini setiap harinya mengangkut sampah agar tidak ada sampah rumah tangga yang berserakan di jalan karena tidak diangkut-angkut,” kata Wahyu.

Selain menjaga kebersihan, kata Wahyu, sampah yang cepat diangkat tidak sempat berserakan sehingga rentan menimbulkan bibit penyakit. “Alhamdulillah, becak pengangkut sampah di tempat tinggal saya sekarang setiap hari mengangkut sampah. Tentunya ini sangat bagus sekali dan warga menyambut baik,” ungkapnya.

Ungkapan senada disampaikan Lina (47), warga Blok XII, Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia. Pasca Wali Kota menginstruksikan agar becak pengangkut sampah diaktifkan, kini becak pengangkut sampah setiap harinya datang untuk mengangkut sampah-sampah rumah tangga warga.

“Sebelum ada instruksi Pak Wali, becak pengangkut sampah masuk ke tempat kami hanya 2 kali dalam seminggu. Kalau sekarang bisa dikatakan setiap hari. Jadi tidak ada lagi sampah rumah tangga yang teronggok atau berserak di depan rumah. Semoga ini bisa berlangsung seterusnya,” ungkap Lina.