Nawal Dorong Partisipasi Kaum Ibu dalam Pembangunan

oleh -41 views

suaramahardika.co.id|MEDAN – Konstruksi sosial yang dipengaruhi budaya patriarki selama ini cenderung menempatkan perempuan pada situasi yang tidak menguntungkan dan serba terbatas. Hal ini akhirnya berdampak pada tidak maksimalnya pengembangan diri dan peran perempuan di sektor pembangunan.

Apalagi setelah menjadi Ibu, banyak perempuan yang cenderung dibatasi dan membatasi diri untuk berkembang. Untuk itu, pada Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun ini diharapkan jadi momentum untuk membangkitkan semangat para kaum ibu memaksimalkan potensi dan peran dalam pembangunan.

Harapan ini disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi pada Puncak Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 secara virtual, dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (22/12/2020). Turut serta Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela.

“Sesuai arahan yang disampaikan oleh Ibu Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, bahwa perempuan mengisi setengah populasi rakyat Indonesia. Artinya setengah SDM pembangunan itu adalah perempuan. Kalaulah potensi dan peran perempuan kita maksimalkan, negara kita juga akan maju. Sesuai tema hari ini yakni ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” ujar Nawal’.

Dengan demikian, lanjut Nawal, seluruh pihak termasuk kaum pria diharapkan ikut mendorong dan memberikan kesempatan pada perempuan khususnya kaum ibu untuk mengembangkan potensi.

“Selamat Hari Ibu, sayangi ibu maupun istri dan anak perempuan di rumah,” pesan Nawal.