Prof Saidurrahman Rektor UIN Sumut Terpilih

oleh -223 views
Rektor-UIN-Sumut-terpilih-Prof-Saidurrahman.jpg

MEDAN (suaramahardika): Prof Saidurrahman, Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara terpilih menjadi Rektor UIN Sumut periode 2016-2020. Dia terpilih berdasarkan penilaian tim seleksi dari Kementerian Agama RI dan keputusan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Setelah terpilih, Prof Saidurrahman langsung dilantik di Kementerian Agama RI, Jakarta pada, Kamis (1/9/2016) yang lalu.

Prof Saidurrahman ini merupakan calon yang termuda dari empat calon rektor lainnya yakni kelahiran 1970. Hal tersebut dibenarkan oleh Humas UIN Sumut, M Yosep Sitepu kepada suaramahardika, kemarin. Dia mengatakan, Kemenag RI memang lebih cepat memutuskan untuk memilih rektor UIN Sumut. Namun, sebelum diputuskan telah melalui penyeleksian yang ketat oleh tim seleksi dari Kementerian Agama RI.

“Dugaan kita waktunya 21 hari baru dipilih. Ternyata lebih cepat. Itu lebih baik, supaya UIN Sumut ini memiliki rektor yang defenitif. Oleh karenanya, begitu terpilih langsung dilantik oleh Menag RI di Jakarta hari ini juga (Kamis),”sebutnya.

Seperti diketahui, ada lima calon rektor UIN Sumut yang diseleksi diantaranya,  Prof Dr H Katimin, Prof. Dr. H. Pagar, M. Ag,  Prof. Dr. H. Saidurrahman, M. Ag, Prof. Dr. Hasan Asari, MA dan Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA. Kelimanya merupakan guru besar di UIN Sumut.

Prof Katimin merupakan guru besar pada fakultas ushuluddin dan studi islam,  Prof. Dr. Pagar merupakan guru besar pada fakultas syariah dan hukum. Kemudian, Prof. Dr. Saidurrahman adalah guru besar dan dekan pada fakultas syari’ah dan hukum. Prof. Dr. Hasan Asari adalah guru besar pada fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. Hasan Asari juga merupakan Wakil Rektor I yang dipilih menjabat sebagai Pengganti Jabatan Sementara (PJS) Rektor UIN Sumut.

Ketua Senat UIN Sumut, M Hatta juga membenarkan, Menag RI telah memilih Prof Saidurrahman sebagai rektor UIN Sumut terpilih dan langsung dilantik di kantor Kemenag RI, Jakarta pada Kamis (1/9). “Saya tidak berada di Jakarta, tapi saya sudah mengucapkan selamat kepada Prof Saidurrahman. Karena, beliau langsung dilantik sekitar pukul 13.00 Wib tadi,”ujarnya.

Baginya, Prof Saidurrahman adalah sosok anak muda yang kreatif dan memiliki dinamika yang tinggi. Apalagi, yang bersangkutan sudah memiliki pengalaman sebagai Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sumut.

“Ia anak muda yang cerdas. Kita berharap dengan keimanan dan ketaqwaan, ia menjadi pemimpin yang mampu melaksanakan amanah. Walaupun dia usianya masih muda, namun saya optimis dia mampu memberikan perubahan untuk UIN Sumut. Akan tetapi, tentunya dibarengi dengan kemauannya,”katanya.

Dengan dilantiknya rektor yang terpilih dia berharap, rektor yang baru dapat menyelesaikan beberapa persoalan yang ada di UIN Sumut. Disamping membawa misi UIN Sumut ditengah masyarakat, sehingga UIN Sumut menjadi laboratoriumnya masyarakat. Karena, selama ini sangat disadari bahwa kelemahan UIN Sumut adalah seperti Islam gading yang indah diluar saja, tapi tidak bisa memecahkan persoalan didalamnnya.

“Ini dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan sejauh mana, sejauh apa UIN Sumut terlibat dalam keumatan kebangsaan. Disamping partisipasi UIN Sumut sebagai lembaga pendidikan. Tentunya, kita berharap rektor yang baru nanti dapat memegang jaringan keluar dan kedalam. Bisa memanfaatkan seluruh potensi yang ada dengan berdaya guna. Artinya, harus memanfaatkan civitas akademik di UIN Sumut. Dari mulai dosen, peneliti, mahasiswa, pegawainya,”tuturnya.

Selain itu katanya, rektor yang baru diharapkan dapat membangun jaringan kepada stakeholder seperti pemerintah, masyarakat dan kaum intelektual untuk mendapatkan kepercayaan terhadap keberadaan UIN Sumut. “Jika sudah percaya, tentu akan memudahkan kerjasama. Menyakinkan pemerintah sebagai sumber pembiayaan,”ujarnya. (bm-3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *