Puzzle Memudahkan Belajar Matematika

oleh -8 views
MEDAN (suaramahardika.co.id): Media belajar untuk memudahkan siswa dalam proses belajar dan mengajar terus dikembangkan. Seperti pelajaran matematika dengan memanfaatkan media puzzle dinilai akan semakin memudahkan siswa Sekolah Dasar (SD) untuk aktif belajar.
Sosialisasi pemanfaatan media puzzle ke sekolah dilaksanakan melalui program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Amanda Syahri Nasution, S. Pd., M. Pd sebagai Ketua dan Rosmilan Pulungan S. Pd., M. Pd sebagai anggota.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat digelar di SD Negeri 101809 Ajibaho Deli Serdang Kec. biru-biru mengenai pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran matematika, Kamis (20/12/2018).

Dikatakan Amanda, pembelajaran matematika di SD hingga saat ini di sekolah tersebut masih berupa ceramah dan memanfaatkan buku cetak sebagai media pembelajaran. Padahal, lanjut dia, K13 telah menekankan pembelajaran yang berpusat pada keaktifan siswa.
Oleh karena itulah, lanjut Amanda, pemanfaatan media pembelajaran merupakan salah satu solusi pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif.
“Siswa SD masih dalam tahap bermain sambil belajar sehingga media puzzle tepat untuk digunakan dalam mendukung pembelajaran matematika di SD. Siswa dapat terlibat aktif pada pembelajaran yang berdampak siswa dapat menguasai konsep matematika sejak dini,” kata Amanda.
Kegiatan pengabdian ini diikuti 12 guru. Selam pelatihan berlangsung, para guru merasa media ini dapat diterapkan untuk menunjang pembelajaran. Guru yang awalnya merasa kebinggungan untuk memilih media yang tepat digunakan dalam menunjang pembelajaran setelah mengikuti kegiatan ini menemukan solusi salah satu media yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Kepala Sekolah SD Negeri 101809 Ajibaho Deli Serdang Kec. biru-biru Krimson Tarigan, S. Pd, merasa senang dengan kegiatan ini karena dapat menambah ilmu dan wawasan bagi guru-guru dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan dasar. sm-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *