Seleksi Calon Anggota KPU Sumut Melalui Sistem CAT

oleh -17 views
Kabag Program, Data dan SDM Sekretariat KPU Sumut Drs Irwan Zuhdi Siregar

 

MEDAN (suaramahardika.co.id): Seleksi calon anggota Komisioner KPU Sumut priode 2018-2023 dilakukan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). Demikian disampaikan Kabag Program ,Data dan SDM Sekretariat KPU Sumut Drs Irwan Zuhdi Siregar  Rabu  (14/3/2018) di ruang kerjanya.

Irwan menegaskan sesuai dengan surat KPU RI Nomor 197/PP.06-SD/05/Sj/II/2018 26 Februari 2018 disebutkan akan ada 8  KPU Provinsi dan 204 KPU Kabupaten/Kota yang masa kerjanya akan berakhir pada tahun 2018 dan salah satunya adalah KPU  Sumut serta 28 KPU Kabupaten/Kota di Sumut.” Tahapan tes tertulis calon anggota KPU itu dilaksanakan dengan sistem CAT. Itu  tertuang dalam surat KPU RI tersebut,” kata Irwan.

Dijelaskan Irwan Sekretariat KPU Sumut saat ini sudah melirik dua lokasi yang akan dijadikan tepat berlangsungnya ujian tertulis melalui CAT tersebut yakni Kampus USU di Jalan Dr Mansur Medan dan Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidika  (LPMP) Sumut di Jalan Sunggal Medan.

Disebutkan Irwan bahwa masa jabatan KPU Sumut priode 2015-2018 akan berakhir pada 24 September 2018 sesuai dengan  aturan pendaftaran dilakukan pada 15 hari kerja sebelum lima bulan berakhirnya masa jabatan.” Kalau kita hitung lima bulan
sebelum berakhirnya masa jabatan KPU Sumut saat ini adalah 24 Mei 2018. Nah 15 hari kerja setelah 24 Mei 2018 itu berarti  sekitar 8 Juni 2018 itu sudah dibuka pendaftaran,’ kata Irwan kembali.

Ada hal yang berbeda pada seleksi calon anggota KPU provinsi dan kabupaten/kota bahwa seleksi administrasi dilakukan  dengan sistem pembobotan. Bobot nilai diantaranhya soal jenjang pendidikan itu dinilai S1, S2 dan S3 pengalaman kepemiluan  dan organisasi .” Jadi dari seleksi administrasi ini akan ada yang tidak lolos dan akan diambil 60 besar peserta saja untuk  mengikut tes tertulis dengan sistem CAT tersebut,” kata Irwan.

Dari hasil CAT itu kata Irwan lagi akan dihasilkan sebanyak 7 kali kebutuhan bagi KPU Sumut yakni 49 orang yang akan masuk  tes selanjutnya .” Dari ujian tertulis akan ada yang tidak lolos 11 orang,” kata Irwan kembali. Nah sebut Irwan dari Pansel ini  akan dihasilkan 14 orang untuk ditetapkan 7 orang KPU terpilih ke KPU RI .

Khusus untuk di kabupaten/kota di Sumut itu rata-rata masa jabatannya akan berakhir pada 29 Oktober 2018 dan rencaanya  akan dibentuk Pansel untuk 6 zona wilayah.” Namun daerah -daerah mana yang masuk dalam zona itu belum ditetapkan,” kata
Irwan kembali.

Yang jelas kata Irwan sistem ini sudah dilakukan pada perekrutan calon Anggota KPU Provinsi yang sudah melakukan seleksi dan saat ini sedang  berlangsung.(sm-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *